
Jangan terlalu mudah percaya dg sosmed, mereka buzzer yang di bayar bisa sampai 15M
Di " Era Internet " ini ( Internet of things, internet of services, internet of data ) kita harus Bijak & Cerdas memilah & memilih Info baik di Medsos maupun Internet. Kalau tidak hati-hati, tanpa sadar ternyata kita hanya akan menjadi "korban" dari suatu "kepentingan bisnis".
Pengakuan perusahaan Buzzer malam ini di TV One. Jasa Buzzer terdiri dr 3 tim:
1. Tim Hoax (ahli pembuat judul, video, photoshop)
2. Tim Pembully (ahli grafis, kata2)
3. Tim Perayu (merayu kandidat/pelanggan dgn data2 kelemahan lawan)
Termasuk strategi Buzzer: (menghalalkan semua cara, bhs kerennya "menggiring opini", bahasa lugasnya "membuka aib hingga memFitnah"):
- memasukkan 2 account anonim buatan yg saling "menyerang" utk memprovokasi.
- membayar account yg followernya banyak utk ngetweet atau Share berita yg di Buzz
- pasukan Share & Like
- Issue yg diangkat sesuai pesanan pembeli.
Nah saat kita sbg pembaca ikut terbawa emosi dan ikut share/like tanpa konfirmasi pd saat itulah mindset kita telah mjd "korban"
....memang jaman ini bahkan Fitnah sdh mjd Bisnis :confounded: mari menjadi Netizen cerdas & mendidik anak2 kita santun & cerdas di media sosial & internet.
(Tetangga sebelah)
No comments:
Post a Comment